Our Wedding Vendors

Mumpung masih fresh :) saya ingin share mengenai wedding vendors dan perjalanan kami mencari vendor-vendor yang (menurut kami) paling top dan juga beberapa vendor yang tidak rekomen untuk dijadikan wedding vendor.. :)
Sebelum mulai, dari pengalaman mempersiapkan pernikahan kemarin, saya mencoba membuat list apa-apa saja yang KUDU disiapin untuk mempersiapkan acara pernikahan:

  1. Wedding Organizer – kalau ada budget lebih, WO itu SANGAT membantu dalam mempersiapkan acara pernikahan anda. Terutama kalo acaranya diadakan terpisah, menjadi 2 hari.
  2. Wedding list – kalo pake WO, biasanya mereka sudah mempersiapkan wedding list ini. Tapi kalo tidak pake WO, wedding list ini WAJIB – supaya enggak stres! :D
  3. Sebelum memutuskan vendor-vendor pernikahan, liat dulu reviewnya di internet (googling aja)
  4. Pilih satu orang yang incharge pada hari H – anda enggak mau kan panitia nanya-nanya masalah karpet dll pas anda udah duduk manis di pelaminan??? :D
  5. Minum vitamin dan coba untuk rilex – mmmm untuk capeng perempuan rilex ini agak mustahil.. hihihi Tapi jaga kesehatan ini ternyata penting banget, secara saya kena gejala tifus dan punggung kecetit hanya seminggu sebelum hari H! haalaaahhhh.. stress bo! :)

Pada waktu kami merencanakan untuk menikah, kami sering browsing untuk mencari review tentang vendor-vendor pernikahan ini. Biasalah, sebagai calon pengantin wanita, kekhawatiran pasti akan GAMPANG BANGET muncul. Ternyata membaca review di internet mengenai vendor-vendor pernikahan ini adalah hal yang sangat penting. Percaya deh, review-review ini sangat membantu! Dengan persiapan yang hanya 5 bulan (termasuk lamaran!) saya dan suami (sekarang udah jadi suami :)) terus terang sedikit panik mencari gedung, katering, dekorasi pelaminan, dll.
Karena kami berdua sudah biasa meng organize acara, dengan pede jadilah kami memutuskan untuk tidak memakai wedding organizer. Langkah yang tepatkah?? waakksss ternyata salah!! apalagi ketika kami dihadapkan pada kenyataan bahwa karena ini adalah mix marriage (tidak usah dijelaskan secara detil ya untuk menghindari polemik! :)), dan waktu yang ternyata berbentrokan antara pihak-pihak yang terkait, jadi enggak mungkin dilaksanakan dalam 1 hari.. harus 2 hari.
Walahhhhh ternyata ribetttsss! Jadi seharusnya pada kasus kami, WO is a MUST! :D Tapi kalo pernikahannya lebih simple dan hanya 1 hari, mungkin masalah WO ini bisa dipertimbangkan lagi yaa..
Semoga review ini berguna untuk membantu teman-teman yang sedang atau akan merencanakan persiapan pernikahan, karena kita tahu betul bahwa setiap capeng pasti menginginkan yang terbaik untuk acaranya, dan memang ‘there’s no such thing like PERFECT wedding party’ tapi paling tidak mendekati sempurna laahhhh.. hahaha teteuupp :D

 

GEDUNG
Perburuan mencari gedung dimulai… 5 bulan sebelum hari H.. ternyata sewa gedung itu harusnya 1 tahun sebelumnya! :( hikkss semua gedung yang kita mau, udah fully booked. Haduhh bingung deh.Tapi setelah mencari ke daerah Kemang, kita ngeliat Oktroi Plaza.. dan ada tulisan auditoriumnya. Setelah masuk dan liat-liat, hmm that’s the one! :) Dengan jumlah undangan yang tidak terlalu banyak, gedung ini menghadirkan kesan personal dan lux. Cucok dehh :D manajemennya juga sangat pro, jadi kita dibantu dengan sangat baik dan servicenya sangat memuaskan. Surcharge katering, karena kebetulan kita memakai katering dari luar, juga tidak besar, hanya 2,5 jeti. Padahal di gedung lain, kalo kita tidak memakai katering rekanan, kita harus bayar surcharge katering sebesar 20-30% dari harga katering! huuuuu
Pokoknya untuk Oktroi Plaza: sewa auditorium untuk resepsi, cinema room untuk seremoni pernikahan, sewa suite 3 kamar selama 4hr 3mlm dan katering untuk acara seremoni, kita dapet harga yang OK dan diskon yang cukup besar..TOBB!!

OKTROI PLAZA: Jalan Kemang Raya no: 1, Kemang

 

CATERING
Kalau untuk katering, awalnya kita memantabkan hati untuk memakai Caterindo sebagai vendor utama adalah pada saat kita menghadiri pernikahan sepupu di Ampera. Semua makanannya UENAAKK. Pada prinsipnya, acara resepsi pernikahan itu yang terpenting adalah makanannya! LOL :D yaah kalau kita mengundang orang dalam satu acara, pasti enak tidaknya makanan yang disajikan itu sangat penting supaya tamu-tamu tidak kecewa kan?? :D jadi pulang dari acara resepsi sepupu, keputusan untuk menggunakan Caterindo sebagai vendor kita itu sudah mantab.. well kalau ditanya soal harga, Caterindo memang agak mahal. Tapi ada harga ada rasa kan? :p sekarang ini kalau ketemu teman-teman pasti semua berkomentar positif ttg makanan yang kita sajikan pada acara resepsi! Senangnyaa.. :)

CATERINDO: Jalan Mampang Prapatan
Contact person: Mba Elly 0856 7800117

 

CHOCOLIQUE
Chocolate fountain.. slurrppp sebagai penggemar coklat, pas browsing internet trus ketemu page ttg chocolate fountain ini, waahh udah deh, enggak pake nyoba lagi secara reviewnya udah bagus, langsung pesen aja.. :D lagian kayaknya romantis ya ada air mancur coklat di resepsi pernikahan.. hehehe rekomen banget buat temen-temen yang suka coklat dan mau merit..Sayangnya kedua mempelai tidak sempat mengicipi rasa coklat ini pas hari H.. :(

CHOCOLIQUE: http://www.chocolique.net
Contact person: Fanny 0813 14888419

 

KEBAYA & JAS PENGANTIN
Dari browsing juga, kita menemukan Hanna Boutique.. dan GATARA Bali Shop.Karena saya dari Jawa dan suami dari Bali, kami mau bikin pernikahan yang memadukan unsur keduanya. Jadilah saya pesen kain pengantin Bali di toko Gatara (toko Gatara ini nemunya enggak sengaja pas lagi ke Kemang Festival dan di situ ada stand pernak-pernik Bali. Pas nanya kain pengantin Bali, kita di kasih alamat tokonya di PGJ – Pusat Grosir Jatinegara) Ibu Made yang membantu memesankan kain pengantin ini ke Bali sangat membantu juga, secara kita berdua enggak tau pasti mau pake model apa.. hahaha yang saya tau, saya mau bikin baju pengantin Bali dengan perpaduan unsur Jawa! Setelah pesanan kain ada, kita bawa ke Hanna Boutique di Tebet.Review Hanna Boutique juga kita dapat dari internet.. Mba Ika, yang punya Hanna Boutique baikkk banget! Dia nanya saya maunya dibikin model gimana, trus saya jelasin aja perpaduan yang saya mau. Enggak sesuai pakem Bali pastinya, lha wong ini ngarang sendiri modelnya! :D LOL
Jadi kalo teman-teman liat pakaian pengantin yang saya pake pas resepsi, itulah hasil karya saya mengarang bebas!! :D kebayanya sendiri lebih ke Jawa modern dengan kerah model Anne Avantie gitu, tapi kainnya mengambil unsur Bali. Hanna Boutique emang TOBB deh!! Jas pengantin suami juga dibuat sama Hanna Boutique. Untuk pengantin pria dan keluarga yang laki-laki kita sepakat semua pakai jas, supaya lebih simple. Hanya saja pengantin pria memakai jas tradisional dengan bordir emas supaya matching sama baju pengantin mempelai wanitanya. Hasilnya? hmm puwass banget sama hasil karya Hanna Boutique! Thank you ya mba Ika.. :)

HANNA BOUTIQUE: Jalan Lapangan Roos II no 6 Tebet
Contact person: mba Ika 021 8304300

 

PHOTOGRAPHY
Sebagai ex phographer Femina, hasil karya mas Harry dalam pengambilan foto dan video shooting sangat memuaskan.. Hasil karya mas Harry bisa dilihat di foto album di FB kuw.. :)

HARRY PHOTOGRAPHY: HARRY PHOTO Bintaro

 

UNDANGAN
Undangan ini juga salah satu yang terpenting.. soale membaca dari beberapa review, ternyata ada kasus-kasus yang mengecewakan dengan undangan. Ada yang tidak selesai tepat waktu sampe yang hasilnya mengecewakan! waduhhh agak-agak was-was juga jadinya deh.. waktu kita kan mepet, kalo enggak jadi sesuai waktu yang dijanjikan atau hasilnya jelek, wahh kacau!Jadi browsing lagi.. baca review lagi.. :D pokoknya kita browsing vendor mulu deh kerjanya :D dan akhirnya dapet juga.. Trans Printing di Pasar Tebet. Di Pasar Tebet lantai basement ini, satu lantai penuh sama tempat bikin undangan. Tapi jangan salah, kalo kita enggak ngerti dan langsung dateng trus tergiur liat contoh dan langsung pesen aja, kita bisa dapet percetakan yang ngaco itu.. udah banyak lho yang jadi korban.. jadi hati-hati kalo pesen disini. Dari review internet, kita dapet beberapa nama percetakan. Dan salah satunya Trans Printing ini. Kalo ngeliat tempatnya sih biasa aja, tapi ternyata undangan kita selesai tepat waktu dengan hasil yang bagus. Yang paling penting, kita ditelfon waktu masternya udah jadi dan kita bisa ngedit di tempat kalo ada yang salah! Ini penting lho.. jangan sampe salah nama atau tanggal dan ternyata udah di cetak beratus-ratus..Untuk masalah harga juga mba Anna yang punya Trans Printing ini bisa diajak nego. Kita dapat undangan hard cover dengan pita di luar dan full color photos dengan harga yang cukup miring! :)

TRANS PRINTING: Pasar Tebet Barat, Lantai Basement
Contact person: mba Anna 0815 14282207

 

SOUVENIR
Souvenir yang kita pakai adalah kipas. Karena memang mau yang simple dan manis, kita pesen kipas kayu warna-warni yang cukup cantik. Ada sedikit insiden disini, karena bahannya dari kayu, kalo di sablon nama pengantin dan pengerjaannya enggak hati-hati jadinya agak blobor.. duhh tau gitu kan enggak usah di sablon ya, secara udah ada kartu ucapan terima kasihnya.. tapi untungnya, KEZIA Souvenir di PGC mau nerima kipas-kipas yang blobor tadi dan diperbaiki. Karena emang pengerjaannya terkesan sembarangan dan enggak rapi. Setelah sempet cemberut, akhirnya lega juga karena masih bisa diperbaiki..Rekomen vendor yang ini? hmm enggak deh, mendingan cari souvenir di tempat yang lain aja.. Udah ngeliat review aja ternyata masih kecolongan.. Tapi kalo temans mau cari souvenir yang udah jadi, dan enggak perlu di sablon lagi, KEZIA Souvenir harganya cukup murah..

KEZIA SOUVENIR: Pasar Grosir Cililitan Zona Kuning2

Vendor terakhir yang mau saya review disini, agak mengecewakan buat kami..

ARRYA DECORATION
Tidak perlu diceritakan terlalu detil bentuk kekecewaan kami sama vendor yang satu ini, yang pasti kekurang profesionalan mereka dalam melayani klien membuat kami kecewa. Untuk dekorasi pelaminan dan gedung kami tidak ada keluhan, tapi yang paling mengecewakan disini adalah sikap Arrya yang melempar tanggung jawab pada asisten begitu saja dan mengakibatkan adanya beberapa kesalahpahaman (untung tidak terlalu terlihat pada hari H), juga penyanyi yang tidak bisa menyanyi! (padahal kami diminta membayar lebih karena kami meminta sepasang penyanyi pria dan wanita) dan penyanyi pria itu ternyata tidak bisa menyanyi! Payahhh.. Well, mencoba memahami kenapa vendor ku yang satu ini bisa begitu mengecewakan, mencoba berfikir positif, karena saya dengar dari asistennya pada hari itu ada beberapa wedding event yang diambil sama Arrya, jadinya ya gitu deh. Apapun itu, seharusnya Arrya lebih mengutamakan kepuasan klien sebagai bentuk keprofesionalannya ya..

 

CITRA YUSUF Make Up Wedding
Make up wedding bagi capeng perempuan pasti sangat penting.. ketika saya mendapatkan referensi Citra Yusuf dari Arrya Decoration & WO, saya langsung tes make up. Jasa make up Citra Yusuf merupakan bagian dari paket yang saya ambil dari Arrya. Tapi pada pelaksanaannya, banyak hal yang saya tambahkan dari mba Citra dan kami melakukan pembayaran tambahan pada Citra Yusuf diluar paket yang kami ambil dari Arrya. Setelah tes make up, saya memutuskan untuk memakai jasa Citra pada saat resepsi, karena pada saat seremoni, adik saya Linda yang akan merias saya (adik saya kursus make up di Gusnaldi). Sebenarnya saya bisa saja hanya memakai jasa make up Linda untuk kedua acara, tapi karena untuk tata rias rambut adik saya belum bisa, dan toh sudah satu paket sama Arrya, akhirnya saya memutuskan memakai keduanya. Untuk make up pengantin, saya tidak ada keluhan. Hasil make up Citra untuk pengantin cukup bagus pada saat resepsi. Namun yang mengecewakan adalah pada saat resepsi, untuk mendandani 27 orang panitia dan keluarga, hanya 1 orang yang bisa nyanggul (yang mana ibu yg menyanggul ini sekaligus bertugas sbg MC!) astaga.. dan hanya 2 org yang bisa make up! sisanya 7 org hanya bisa memakaikan kain! (untuk apa 7 org makein kain ya??? alhasil, untuk acara jam 11, jam 10 lewat masih ada panitia yang belum selesai. Untung pada akhirnya selesai juga! itupun setelah diburu-buru dan si ibu yang menyanggul itu sangat ketus dan judes pada teman-teman saya yang menjadi panitia dan keluarga.. wuihhh benar-benar payah! dan yang terparah, make up orangtua kami yang perempuan hasilnya sangat jelek, harus di retouch sama adik saya..Duh duh duh.. jadi pelajaran deh buat saya dan keluarga, mungkin paling enak untuk masalah make up ini, jangan dilunasin dulu pembayarannya sampai setelah acara ya! :D jadi mereka punya komitmen untuk berbuat yang sebaik-baiknya dan sesuai dengan kesepakatan..
Semua yang kami lalui dalam mempersiapkan resepsi pernikahan saya dan hubby ini jadi pelajaran baik bagi saya dan keluarga, walaupun secara keseluruhan, sebenarnya pesta pernikahan kami ‘hampir’ bisa dibilang sempurna (hihihi remember there’s no such thing like perfect wedding party? :p)

Maka tanpa mengurangi rasa syukur kami kepada Tuhan YME, sehingga atas perkenanNya lah acara pernikahan kami bisa berlangsung dengan baik tanpa halangan yang berarti, saya mencoba untuk share kepada teman-teman pengalaman kami dalam mempersiapkan acara pernikahan, semoga bisa jadi masukan dan menambah referensi buat teman-teman yang mau menikah.. :)
Good luck!

Dee

9 thoughts on “Our Wedding Vendors”

  1. halo dee, salam kenal. Tulisan mu bagus, buat masukan juga terutama untk aku yg lg arrange wedding,hehe. Boleh minta PL dari vendor2 yg kamu pakai gaa?tlg kirim ke email : dewiprihatinibm@yahoo.com, trims.

    • Halo Dewi salam kenal, maaf br reply udah lama enggak buka blog. Baru mulai aktif lagi hehehe udah slsi arrange weddingnyakah? PL itu apa ya? Best, Dee

  2. mbak… salam kenal,, seneng ni baca review vendor mbak…
    kebetulan lg cari2 referensi vendor pernikahan termasuk PL (Price List) per vendor. Bisa tolong dikirimkan juga ga mbak, PL vendor mbak ? makasi banget krn sangat membantu kami untuk arrange cos mau menyesuaikan budjetnya .. makasi mbak. (adr.seputra@gmail.com)

    • Halo Adrin, salam kenal juga :) maaf baru baca messagenya, agak jarang buka blog akhir2 ini. Kebetulan aku enggak punya price listnya, tepatnya udah enggak punya hehehe maklum udah hampir 4thn yg lalu.. Coba dihubungin contact numbersnya aja.. :) maaf ya enggak bisa bantu..

  3. motauajadeh said:

    link hasil foto ny dong…. :)
    kalo ada contoh layout album ny lbh asik tuh. hehehe…

  4. fb nya mana yah??
    pgn liat hasil foto nya nih… :)

  5. suri fitriah said:

    Terima kasih infony, berguna banget neh :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 239 other followers