Hamsters – Campbell Dominan

Saya dan hubby memelihara sepasang hamster jenis Campbell dominan yang kami kasih nama Tic dan Tac. Tac adalah si betina yang agresif dan galak jadi kita harus pakai sarung tangan setiap mau megang dia atau kasih makan, kalo Tic si jantan yang pemalas dan doyan kawin, tapi lebih bersahabat kalo dipegang. Hahaha..

Awalnya sih kita enggak ada niat melihara hamster. Cuma pengen nyari ‘temen’ buat Mings supaya dia enggak boring :D I know I know hamster emang bukan partner yang cocok buat kucing, hihihi abis bingung juga nyari hewan apa. Enggak mau kucing lagi, karena sepertinya koq repot ya punya kucing 2.. eh tau-tau pas ke carrefour kita ngeliat hamster dan lucu banget. Sampai dirumah saya dan hubby nyoba cari info di internet tetang  cara merawat hamster, setelah tahu sedikit tentang hamster kami pun sepakat untuk membeli sepasang.

Tic dan Tac kami beli bersama kandang dan perlengkapannya seperti tempat makan dan tempat minum dan tempat mainnya. Kandang yang pertama kali dibeli hanya seperti kandang burung tapi 2 tingkat, jadi ada mainan perosotannya juga. Waktu itu kandang dan isinya saya beli dengan harga sekitar 200 ribu lebih.

Waktu sampai di rumah, bisa ditebak Mings langsung menggila ngeliat Tic dan Tac.. hahaha
Sekarang Tic dan Tac udah dewasa dan udah beranak 2 kali. Yang pertama kali, anak-anak yang selamat hidup sampai besar ada 6 ekor. Dan semuanya kita bagi ke teman-teman yang punya anak kecil. Yang kedua kalinya hanya 3 ekor yang survive, enggak tau kenapa.
Jadi sekarang kami punya 5 ekor hamster, dan mereka keliatan sehat sampai sekarang ;)

Punya kucing dan hamster membuat kami sering ke petshop untuk membeli keperluan mereka atau sekedar melihat-lihat barang baru buat Mings. Masih nyari baju MU buat Mings dan belom dapet sampai sekarang :D hahaha
Suatu kali kita lewat ampera, ada petshop yang namanya Pet Pet. Petshop ini lengkap banget, segala keperluan hewan ada! Lucu-lucu dan harganya enggak terlalu mahal. Disinilah kami menemukan kandang baru yang lebih lucu dan aman dari pada kandang yang sebelumnya.
Bahannya plastik dan mainannya ada kayak spedometer buat ngitung berapa putaran mereka lari disitu.. lucu.. dan harganya? enggak sampai 200 ribu! huh tau gitu kami beli disini aja dulu kandangnya..

Petshop ini juga menjual serbuk kayu buat hamster, kami biasanya pakai serbuk kayu ini supaya pipis mereka terserap dan enggak bau, dan untuk mandinya, mereka perlu dikasih pasir (pasir khusus hamster, supaya mereka enggak kutuan juga)
Kandang hamster harus dibersihkan paling tidak seminggu sekali lho, supaya hamster-hamsternya bersih, sehat dan lebih aktif. Lebih bagus lagi kalo 3 hari sekali dibersihinnya. Beda banget  kalau kandang baru dibersihin, mereka tuh ceria banget, main-main di kincir, keliatan deh lebih happy.. sementara kalo kandangnya bau, mereka lemes, tiduran terus.
Biasanya di dasar kandang saya bagi 2, setengah dikasih serbuk kayu dan setengahnya lagi dikasih pasir (walaupun nanti kecampur juga sih, tapi mereka bisa mandi disitu) dan waktu kandangnya dicuci, saya biasanya masukin juga mereka di tempat pasir biar mandi.

Untuk makanan, kita kasih makanan khusus buat hamster dan dicampur sama biji bunga matahari (dijual per plastik buat makanan hamster juga). Kita kasih mereka makan 2x sehari, setiap pagi dan sore pulang kantor.
Sebaiknya jangan dikasih makanan lain selain makanan khusus hamster, takutnya enggak cocok atau malah mati. Kita juga enggak pernah kasih sayur atau buah. Murni makanan hamster aja dan pastiin juga tempat minumnya jangan sampe kosong. Hamster-hamster saya yang betina lebih banyak minum daripada yang jantan..

Pantangan buat hamster: jangan dimandiin dan jangan dijemur di matahari, mereka pasti  mati. Cara mandiinnya ya pakai tempat pasir itu, nanti mereka mandi sendiri koq.. lucu deh kalo liat mereka mandi ;)

Seneng lho ngeliat hamster-hamster ini, mereka lucu-lucu banget! jadi hiburan juga ngeliat Mings main-main dari luar kandang berusaha megang mereka.. wakakaka ;D
Suatu kali pernah si Tic lepas dari kandangnya, dan anehnya enggak dimakan tuh sama Mings! bahkan enggak basah sedikitpun! aneh banget.. tapi ya jangan sampe lepas lagi deh, takutnya yang kedua kali langsung dilahap! ;)

Dee

14 thoughts on “Hamsters – Campbell Dominan”

  1. waaaaaaah.. lucunyaa >.< aku jga pnya hamster :) gara-gara kebanyakan, aku kasihin k temen-temen aku.. trs beli lagi.. wkwkwk.. hamster emang imut imut ^^

  2. beli hamsternya berapa?

  3. Key she key said:

    Klo mau lbh murah lg bli kandang hamsternya d Taman Fatahillah,tp hamsternya d Jl.barito jg murah2 dan bagus. Aksesoris nya dan makanan jg dr yg murah smp yg mahal ada.

  4. Mbak Dee….

    Itu nama Petshop tempat mbak beli kandang hamster itu namanya apa ya???
    Alamat tepatnya dimana ya kalo boleh tau…
    Soalnya sya baru beli hamster terus tertarik gitu pas liat foto kandang hamster mbak…

    Oia…hamster kalo sendirian stres gak ya???
    Ya takutnya dia galau gituuuu…
    Soalnya kemarin saya baru beli 2 hamster (ϐëƖǚ♏ tau sii itu jantan betina ato sejenis) ehh…pas pagi2 tadi yang 1 meninggal…
    Hufftt…sedih jg blum ada sehari umurnya sm sya..

    Tolong dijawab ya..
    Kalo bisa sih ke email sya diatas itu aja…

    Thanks before…
    Mike

    • Halo Mike, aku waktu itu beli kandangnya di BB petshop radio dalam kl ga salah deh (agak lupa, udah lama soale) tapi skrg udah byk koq yg jual model kandang begitu, di mayestik kl ga salah juga pernah liat.. Sebaiknya sih hamster itu ada temennya, biar ga stress, kasian kl sendirian. Cumaaa hamster itu cepet beranaknya, jd kl ga pgn hamsternya beranak pinak piaranya yg sejenis aja ya. 3 ekor lebih bagus lagi biar lbh rame dan bisa main2 :) oh iya kl udah telanjur beli sepasang, mesti diperhatiin betul, kl si betina udah melahirkan anaknya hrs dipisah sm bapaknya, kl enggak bs dimakan -__- gudlak yaaa

  5. Ampera nya sebelah mana

  6. maaf mw nnya ni ciri2 hamster jenis apa yahh??
    warnanya coklat trs ada garis hitam dr kepala smpai hampir ekor….

    • Kalo ga liat langsung agak bingung jawabnya hehehe soalnya kalo soal warna kan mereka hampir sama semua ada berbagai macam warna.. Coba dibrowsing aja jenis2 hampster di google, jadi bisa ngira2 itu jenis apa :)

  7. Kalau caranya supaya hamster cepet hamil gimana ? Haha ini nih hamster ku umurnya 4bulan lebih tapi belum beranak mulu hehe , maklum sih baru 3 minggu yg lalu aku beli hamster

    • Satuin aja hamster jantan sama betina 1 kandang, pasti cepet hamil. Tapi begitu hampster betina melahirkan, langsung dipisah sama yg jantan ya.. Kalo enggak anak2 yg baru lahir itu dimakan sama yg jantan. Bagusnya sih begitu yg betina keliatan hamil, langsung dipindahin ke kandang lain aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 238 other followers